Distribusi Soal CPNS Honorer Dua Tahap

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mulai mendistribusikan soal tes seleksi calon pegawai negeri sipil untuk pegawai honorer kategori 2 pada 20 Oktober . “Tahap pertama rencananya dilakukan mulai 17 Oktober ke delapan provinsi di Tanah Air yaitu Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Kepulauan Riau, Bali, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat,” kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Setiawan Wangsaatmaja dalam pernyataan tertulisnya,

Distribusi soal dan lembar jawab komputer (LJK) untuk pelaksanaan tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang bagi tenaga honorer K2 tersebut memang dijadwalkan akan dilakukan dalam dua tahapan.

Tahap pertama dijadwalkan tiba pada 20 Oktober, yang selain dikirimkan ke pemerintah daerah, juga akan dikirimkan ke delapan K/L yang menggelar pelaksanaan ujian bagi tenaga honorer K2.

Kedelapan K/L tersebut adalah Kementerian Agama, Kementerian Pertahanan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pekerjaan Umum, Mahkamah Agung, Badan Pertanahan Nasional dan Kepolisian RI.

“Pengiriman soal dan LJK ke kementerian/lembaga yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober,” tambah Setiawan.

Sementara itu, distribusi tahap kedua akan dimulai pada 23 Oktober dan dijadwalkan tiba pada 25 Oktober hingga 1 November.

Untuk pengiriman soal tahap kedua dilakukan ke 25 provinsi lain serta 24 kementerian dan lembaga Pemerintah (K/L).

Setiawan menjelaskan empat hal penting yang perlu diperhatikan Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2013 dalam pelaksanaan seleksi. Selain jadwal pelaksanaan, distribusi soal tenaga honorer K2, LJK dan enkrip soal pelamar umum juga dinilai penting.

“Persiapan dan penggandaan soal pelamar umum, serta pengumpulan atau penyampaian LJK juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan,” ujar Setiawan.

Fransiska Ninditya|ANTARA

Cegah Kebocoran, Soal CPNS Dilengkapi Sandi-sandi Khusus

Berbagai cara dilakukan demi terwujudnya pelaksanaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil 2013 yang bersih dan bebas dari praktik kecurangan. Salah satunya adalah dengan pengamanan soal tes CPNS. Kini, soal tes CPNS yang masih dalam bentuk digital telah dienkripsi dengan sandi khusus. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara untuk melakukan pengamanan.

“Di flashdisk ini, sudah ada soal CPNS yang dienkripsi dengan sandi-sandi khusus,” kata Menpan-RB Azwar Abubakar di Jakarta.

Menurut Azwar, flashdisk tersebut tidak akan bisa dibuka oleh sembarang orang. Pengamanan secara ekstra akan diterapkan saat soal-soal itu dalam proses pencetakan. Setelah soal dicetak dalam bentuk kertas, Azwar juga menjamin keamanan soal-soal tersebut.

Dalam proses distribusi, Kemenpan-RB telah bekerja sama dengan berbagai lembaga seperti Kepolisian Republik Indoneisa (Polri), Badan Intelijen Negara (BIN), serta Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP). “Jadi setelah dicetak tetap terjaga juga keamanannya,” lanjut Azwar.

Dengan sistem pengamanan soal ini, ia berharap dapat tercipta pelaksanaan rekrutmen CPNS yang bersih.

Soal Ujian CPNS Tenaga Honorer Siap Disebar, Apa Isinya?

Para pelamar calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) khususnya tenaga honorer harus bersiap diri. Kementerian Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memastikan akan menyebar soal untuk ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) mulai minggu depan.

Soal tes untuk ujian yang berlangsung 3 November ini diperuntukkan bagi seluruh Tenaga Honorer Kategori Dua (K2), dan Tenaga Honorer Kategori Satu (K1) yang diturunkan statusnya sebagai K2 karena tidak lolos audit.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pendistribusian soal dan lembar LJK untuk TKD dan tes kompetensi bidang bagi tenaga honorer kategori 2 akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama diperkirakan tiba tanggal 20 Oktober 2013, dan tahap kedua diperkirakan tiba antara tanggal 25 Oktober sampai 1 November 2013.

“Pendistribusian tahap pertama rencananya akan dilakukan mulai tanggal 17 Oktober ke 8 provinsi, yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Kepulauan Riau, Bali, NTT, dan NTB,” ungkap Setiawan seperti yang dikutip dalam Situs Resmi Sekretaris Kabinet di Jakarta, Kamis (13/10/2013.

Selain ke daerah, soal dan LJK juga akan dikirim ke 8 Kementerian/Lembaga (K/L) yang mengadakan ujian tenaga honorer K-2, seperti Kementerian Agama, Kementerian Pertahanan, Kementerian Kesehatan, Kemendikbud, Kementerian PU, Mahkamah Agung (MA), Badan Pertanahan Nasional (BPN), dan Polri. Pengiriman soal dan LJK ke kementerian/lembaga ini akan dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober.

Setiawan mengungkapkan, pendistribusian soal dan LJK tahap kedua akan dimulai tanggal 23 Oktober 2013 ke 25 provinsi di luar delapan provinsi tahap pertama, dan 24 K/L lain.

Ia menyebutkan, ada empat hal penting dalam pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ini. Selain jadwal pelaksanaan, distribusi soal tenaga honorer kategori 2, LJK dan enkrip soal pelamar umum juga dinilai penting.

Menurut Setiawan, master soal pelamar umum yang sudah sudah dienkripsi diserahkan kepada masing-masing instansi penyelenggara di K/L dan pemprov. Penanggungjawab diminta untuk mengisi format informasi terkait dengan tempat dan tanggal pembukaan atau dekrip master soal .Tempat penggandaan harus dijamin keamanan dan kerahasiaannya, dengan didukung pakta integritas dan berita acara.

“Jika menemukan kecurangan dan kejanggalan, masyarakat maupun tim pengawas dapat melaporkan ke Pusdiklat Sekretariat Negara di jalan Gaharu satu nomor satu Jakarta Selatan,” tutupnya.